Selasa, 23 Juli 2013

Minat Baca Buku Masyarakat Labusel Meningkat Lebih 100 %




Minat membaca buku oleh warga Kabupaten Labuhanbatu Selatan setahun terakhir ini mengalami peningkatan lebih dari 100 persen. Indikator peningkatan itu sendiri dilihat jumlah pengunjung yang berkunjung ke Kantor Perpustakaan Kabupaten Labuhanbatu Selatan.
“Alhamdulillah minat baca warga Kabupaten Labuhanbatu Selatan semakin meningkat, bila tahun 2012 pengunjung yang datang hanya 15 orang per hari kini sudah berjumlah 40 hingga 60 orang per hari ,”kata Kepala Kantor Perpustakaan,Arsip dan Dokumentasi Labuhanbatu Selatan,  Jalaluddin Pohan didampingi Kepala Seksi Pelayanan Nurul Aida Harahap di kantornya Jalan Bukit Kotapinang.
Peningkatan jumlah pengujung didukung dengan meningkatnya jumlah buku yang ada, “Sebelumnya (2012) jumlah buku yang kita miliki 3.816 jenis buku, dan sekarang 5.700 jenis buku dari berbagai jenis ilmu terapan,”papar Nurul
Menurutnya peningkatan pengujung biasanya terjadi pada saat jam-jam tertentu misalnya hari libur dan usai jam sekolah (sepulang sekolah). “Bila jam usai sekolah (belajar) para pelajar banyak berkunjung untuk membaca  buku terutama bila ada tugas sekolah, jadi mereka juga dapat memperoleh buku yang tidak ada disekolah,”ujar Nurul lagi.
Terlebih lagi kini para pengujung tidak hanya dapat membaca buku secara gratis, juga dapat mengunakan layanan internet (Wi-fi) yang tersedia, selain dilengkapi 2 unit computer untuk pengujung yang bisa membuka layanan internet secara gratis, pengujung juga bisa membawa laptop untuk menggunakan layanan Wi-fi.
Ternyata tidak hanya dari kalangan pelajar (SD hingga SMU) yang datang berkujung juga mahasiswa dan Pegawai Negeri Sipil yang berkantor di sekitar Kantor Perpustakaan serta kalangan umum lainnya, seperti petani dan peternakan yang meminjam buku untuk kebutuhan usaha petanian dan perternakan mereka.
Meningkatanya jumlah pengujung ini tentunya sudah menjadi komitmen Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan Wildan Aswan Tanjung. Yang ingin memajukan daerah dengan salah satu yakni meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan melalui buku bacaan.
“Sudah menjadi komitmen pak bupati agar warga Kabupaten Labuhanbatu Selatan semakin maju dengan melalui sarana buku bacaan. Maka  melalui Pemkab dengan pengadaan buku serta ditambah lagi bantuan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara koleksi buku kita semakin bertambah. Dan sudah bisa dipastikan koleksi buku akan terus bertambah seiring dengan semakin meningkatnya minat baca  warga Labusel terhadap koleksi buku kita,”papar Jalaluddin.(mds)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar