Rabu, 24 Juli 2013

Pinjam Buku di Perpustakaan Gratis


Tak banyak warga Kabupaten Labuhanbatu Selatan mengetahui untuk meminjam buku di Kantor Perpustakaan secara gratis (tidak bayar saat pendaftaran). Karena ketidak tahuan mereka  itulah membuat kalangan umum enggan datang dan meminjam buku.
“Kita sebenarnya sudah sering menyampaikan kepada masyarakat dengan meminjam buku di kantor Perpustakaan secara gratis alias tidak bayar, cukup dengan pasfoto 2x3 sebanyak 2 lembar dan mengisi formulir dan ditanda tangani  pejabat  berwenang ,” kata Kasi Pelayanan Perpustakaan,Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Nurul Aida Harahap
Menurutnya pejabat berwenang itu seperti kepala sekolah itu khusus untuk anak sekolah,  kalangan umum pengawai  swasta dan PNS atau honor harus ditandatangani pejabat dimana mereka bertugas. Sedangkan kalangan umum atau warga biasa ditanda tangani oleh Kepala Rukun Tetangga, Kepala Lingkungan atau Kepala Desa (Lurah) setempat.
Bagi warga yang mengetahui kemudahaan untuk meminjam buku secara gratis tersebut mendapat sambutan baik . ini  terlihat semakin banyaknya warga yang datang dan meminjam buku di perpustakaan daerah Labusel. “Selain dapat meminjam buku secara gratis, koleksi buku di Perpustakaan semakin lengkap, mulai dari umum seperti biogragrafi atau kataloq, filsafah,  agama, ilmu-ilmu sosial, bahasa, kesehatan dan ilmu murni,”papar Nurul lagi.
Tetapi meski Perpustakaan daerah tersebut memberi  layanan pinjam buku gratis tetap saja , ada warga yang meminjam buku sering terlambat mengembalikannya bahkan ada yang hilang. “Jangka waktu peminjaman buku selama 2 minggu, meski ada yang terlambat kami tidak pernah member sanksi atau denda itu sudah menjadi kebijakan Kepala Kantor Perpustakaan pak Jalaluddin Pohan. Kita hanya berharap pengertian yang meminjam, tetapi bila hilang sudah tentu harus diganti dengan buku yang sama. Bila buku sejenis tidak ada ditemukan atau dijual bebas maka harus mengantinya dengan uang senilai harga buku tersebut,”ujar  Nurul.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar